Jumat, 18 Februari 2011

SILABUS MATAKULIAH LINGUISTIK TERAPAN

 

SILABUS 

         MATA KULIAH                       : LINGUISTIK TERAPAN
            PROGRAM STUDI                  : PENDIDIKAN BAHASA
            BIDANG KAJIAN UTAMA     : PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
            KODE /SKS/SEMESTER         : GIN 607/2/I
            HARI, WAKTU KULIAH         : JUMAT,    
            BIDANG KAJIAN UTAMA    : PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
            DOSEN PENGAMPU              :   Dr. Sungkowo Soetopo, M.Pd., M.Sn.
                                                                 Dr. Didi Suhendi, S.Pd., M.Hum.

Tujuan Umum
Mahasiswa memiliki pengetahuan, kecakapan, dan kreativitas dalam mempelajari linguistik terapan  melalui penerapan berbagai teori.

Isi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mempelajari linguistik terapan dengan menggunakan pendekatan dan teori yang meliputi: (1) metodologi pengajaran bahasa/sastra, (2) belajar bahasa pertama dan kedua,  (3) pemerolehan bahasa pertama dan kedua, (4) kedwibahasaan, (5) bahasa dan masyarakat, dan (6) ujian bahasa. 

NO.
TANGGAL PERTEMUAN
POKOK BAHASAN     
KET
  1.
18 Februari 2011
Pengantar Materi Perkuliahan
Ceramah &
  2.
25 Februar 2011
(Silabus, Penjelasan Umum Teoretis)
Tanya Jawab
  3.
4   Maret 2011
Belajar Bahasa (Analisis Kontrastif,  
Present/Disk
  4.
11 Maret 2011
Interferensi,  Analisis Kesalahan) 
Present/Disk
  5.
18 Maret 2011
Pemerolehan Bahasa Pertama 
Present/Disk
  6.
25 Maret 2011
Pemerolehan Bahasa Kedua 
Present/Disk
  7.
1  April 2011
Kedwibahasaan 
Present/Disk
  8
8  April 2011
Hal Ihwal Pengajaran Bahasa 
Present/Disk
  9.
15 April 2011
(Metode dan Pendekatan) 
Present/Disk
10.
29 April 2011
Ujian Tengah Semester
Evaluasi
11.
6   Mei 2011
Hal Ihwal Pengajaran Sastra 
Present/Disk
12.
13 Mei 2011
(Metode dan Pendekatan)
Present/Disk
13.
20 Mei 2011
Bahasa dan Masyarakat 
Present/Disk
14.
27 Mei 2011
Ujian Bahasa 
Present/Disk
15.
3   Juni 2011
Refleksi Akhir Perkuliahan
 Diskusi
16.
10 Juni 2011
Ujian Akhir Semester
Evaluasi




Kegiatan
Kegiatan dalam perkuliahan ini adalah berdiskusi tentang teori linguistik terapan, aplikasinya dalam linguistik terapan, presentasi, tanya jawab, penugasan, dan ujian.
Tugas
Setiap mahasiswa mengerjakan dua buah tugas. tugas pertama, berupa mempelajari teori linguistik terapan, mempresentasikan, dan mendiskusikannya. Tugas kedua, berupa pengaplikasian teori linguistik terapan ke dalam bentuk makalah, mempresentasikan, dan mendiskusikannya.
Sistem Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk esai dan dilaksanakan baik pada waktu ujian tengah semester maupun pada akhir semester. Selain itu, dievaluasi pula tugas yang dilakukan mahasiswa, baik makalah maupun presentasinya, termasuk aktivitasnya dalam berdiskusi.

Kehadiran Kuliah
Kehadiran mahasiswa minimal 80% dari tatap muka yang dilaksanakan.

Buku Rujukan

Alwasilah, Chaedar. 1990. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Baradja, M.F. 1990. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang.
Djiwandono, M. Soernardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.
Hamid, Fuad Abdul. 1987. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud,   
             Dirjen Dikti, P2LPTK.
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
James, Carl. 1986. Contrastive Analysis. London: Longman.
Parera, Jos Daniel. 1987. Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan. Jakarta: 
             Erlangga.
Parera, Jos Daniel. 1993. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa.  Jakarta: PT             
            Gramedia Pustaka Utama.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.
Pateda, Mansyur. 1988. Linguistik Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Pateda, Mansyur. 1989. Analisis Kesalahan. Ende-Flores: Nusa Indah.
Nurhadi dan Roekhan. 1990. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua.          
             Bandung: Sinar Baru Bekerja Sama dengan YA3 Malang.
Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung:          
             CV Diponegoro.
Rusyana, Yus.  1988. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme) . Jakarta: Depdikbud,           
Dirjen Dikti, P2LPTK.
Soemarno, Marmo. 2004. Pragmatik dan Perkembangan Mutakhirnya (Diktat).
Soenardji. 1991. Sendi-Sendi Linguistika bagi Kepentingan Pengajaran Bahasa.  
Stubbs, Michael. 1986. Educational Linguistics. New York, USA: Basil Blackwell Ltd.
             Semarang: IKIP Semarang Press.
Tarigan, H.G. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 1989. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud, Dirjen                  
Dikti, P2LPTK.
Tarigan, H.G. 1989.  Pengajaran Kedwibahasaan Suatu Penelitian Kepustakaan.  
             Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK.
Tarigan, H.G dan Jago Tarigan. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan. Bandung:                 
Angkasa.
Tarigan, H.G. 1992. Pengajaran Analisis Kontrastif. Bandung: Angkasa.
Tickoo, Makhan L. (ed.) 1992. Bahasa dalam Pembelajaran. Jakarta: Rebia Indah   
            Perkasa.
Wilkins, D.A. 1972. Linguistics in Language Teaching. London: Edward Arnold.
                                                                                   
                                                                        Palembang, 18 Februari 2011
                                                                        Dosen Pengampu,      
                                                                       
Dr. Sungkowo Soetopo, M.Pd., M.Sn.
Dr. Didi Suhendi, S.Pd., M.Hum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar