Sabtu, 12 Februari 2011

PEMECAHAN REKOR MURI "JAMNAS 2011 TANPA ASAP ROKOK"


DRAFT RANCANGAN KEGIATAN
PEMECAHAN REKOR MURI
PERKEMAHAN TANPA ASAP ROKOK
1.       Pendahuluan
Salah satu kegiatan Jambore Nasional 2011 adalah kegiatan  khusus yang di dalamnya antara lain   pemecahan rekor muri (panitia Jamnas 2011, 2011:83).
Sebagai kegiatan yang sudah diagendakan, wajib hukumnya, harus dilaksanakan. Jika tidak dilaksanakan, pastilah,  pada saat kegiatan Jamnas 2011 ini dievaluasi hasilnya tidak akan dikatakan “kegiatan Jamnas 2011 terlaksana 100%”  karena ada salah satu kegfiatan yang tidak dilaksanakan.
Terlepas dari berjalan tidaknya kegiatan pemecahan rekor muri ini, kami mencoba menawarkan  sebuah ide konyol  atau mungkin gila atau kegiatan ini sama dengan menegakkan benang basah. Di katakan demikian karena ide ini yang diajukan ini sangat tidak poluler ide ini dapat dipastikan akan menuai  tantangan dari orang-orang (termasuk anggota pramuka) yang kesenangannya akan terusik.
Kegiatan yang kami ajukan adalah “Jambore Nasional 2011 tanpa Rokok” yang secara rinci ide kegiatan ini kami tuangkan ke dalam butir-butir: (a) nama, (b) dasar, (c) maksud dan tujuan, (d) waktu dan tempat, (e) personalia, dan (f) hasil yang diharapkan.

2.       Nama Kegiatan
Kegiatan ini diberi nama “Pemecahan Rekor Muri:  Perkemahan Tanpa Asap Rokok”
3.       Dasar
Yang menjadi dasar kegiatan ini adalah: (a) Tri Satya, (b) Dasar Darma Pramuka, (c) slogan Jamnas 2011, (.........)
4.       Maksud dan Tujuan
Kegiatan ini dimasudkan mendukung:  (a) program kegiatan go green, (b) Indonesia Sehat, (c) gerakan pramuka untuk membiasakan anggota agar cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, (d) tercapainya slogan Jamnas 2011, dan (e) pengamalan Trisatya dan Dasar Darma Pramuka.
Setelah kegiatan ini diterapkan, peserta jambore: (a) terbiasa dengan hidup tanpa asap rokok, (b) tumbuh sikap menghargai lingkungan yang bebas asap rokok,  (c) tidak berniat atau  bercita-cita  menjadi perokok, dan (d) menjadi kader pramuka anti rokok.
5.       Waktu dan Tempat
Kegiatan akan berlangsung sejak H-2 hingga H+2 (1—11 Juli 2011). Lingkungan yang akan dibebaskan dari asap rokok: (a) arena perkemahan, (b) anjungan kegiatan, tempat kegiatan rotasi, (c) tempat kegiatan non rotasi, dan (d) radius ... dari sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan jamboree.
6.       Personalia
Yang menjadi peserta kegiatan ini adalah semua insan yang berada di lingkungan perkemahan yang dikelompokkan ke dalam (a) peserta jambore, (b) panitia, (c) .....
7.       Mekanisme kegiatan
.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar